7 Tips Mudah dalam Menjaga Laptop Anda agar tetap Awet dan Tahan Lama

00.25.00


Selamat bertemu lagi teman-teman. Terimakasih karena telah mengunjungi blog saya. Saya sebagai admin jecky02 blog merasa sangat senang atas kunjungan anda. Berikut ini saya akan membahas satu permasalahan pokok bagi pengguna laptop yaitu, bagaimana caranya agar laptop kita tidak cepat rusak ?         Pertanyaan itu selalu terbayang di benak saya tentang bagaimana solusi dari permasalahan tersebut. Kemudian saya pun memutuskan untuk membuat artikel ini. Berikut tipsnya...


Masa kini laptop sudah menjadi peralatan yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan anda ataupun hanya sekedar sebagai mencari hiburan dan mengisi waktu luang semata. Namun anda sering menggunakan laptop anda secara berlebihan tanpa mengetahui kemampuan bekerja pada laptop anda. Kali ini saya akan memberikan tips mudah untuk menjaga laptop anda agar tetap awet dan tahan lama.

1.      Pertama-tama pastikan agar daya laptop anda tidak sampai lemah,  artinya jangan sampai anda berkerja dengan laptop anda hingga laptop anda mati secara tiba-tiba dikarenakan dayanya habis. Karena jika perlakuan itu terus berlangsung maka kemampuan laptop anda akan berkurang dalam hal ini daya baterai anda akan cepat berkurang atau habis walaupun hanya sebentar menggunakan laptop anda.
2.      Kemudian, selalu bersihkan laptop anda dan bebaskan laptop anda dari debu. Hal ini dikarenakan debu yang terlalu banyak akan menyumbat sirkulasi keluarnya udara dingin dan panas dari laptop tepatnya dari kipas kecil dekat motherboard dan akan menyebabkan laptop anda akan cepat panas. Jika laptop anda sangat panas bisa menyebabkan malfungsi pada laptop anda, program yang sedang anda buka akan tertutup dengan sendirinya bahkan error. Anjuran saya agar lebih baik anda membeli pendingin khusus untuk laptop yang banyak dijual di toko-toko elektronik agar laptop anda tetap awet.
3.      Bagi anda para gamers usahakan agar jangan terlalu lama bermain game apalagi game dengan spesifikasi tinggi. Karena game dengan spesifikasi tinggi akan mengurangi kinerja laptop anda dalam menganalisa data atau lain sebagainya, apalagi jika laptop yang anda miliki mempunyai spesifikasi yang rendah. Oleh karena itu bagi anda penggemar game dengan spesifikasi tinggi, sebelum membeli laptop perhatikan juga spesifikasi laptop yang akan anda beli apakah dianjurkan untuk bermain game dengan spesifikasi tinggi atau tidak. Dan juga saya menganjurkan anda para gamers agar bermain game jangan terlalu lama. Maksimal 3 jam kalau anda bermain tanpa henti.
4.      Bukan hanya laptop saja namun barang-barang penunjang laptop juga harus diperhatikan. Salah satunya charger. Usahakan dalam memakai charger jika daya sudah terisi penuh, segera cabut charger-nya karena jika dibiarkan tetap terpasang maka baterai laptop akan mengalami resiko kembung. Jika baterai kembung, kinerja baterai juga akan berkurang dan yang lebih bahayanya lagi anda tidak lama lagi akan segera mengganti baterai laptop anda karena sudah rusak.
5.      Sehubungan dengan charger, kabel charger juga harus diperhatikan . Jika sedang bekerja dengan laptop dan sambil mengecash, jangan sampai kabel charger-nya terlipat atau tertindih sesuatu. Karena akan membuat serat tembaga dalam kabel anda putus atau yang lebih beresiko lagi kalau terjadi kebocoran arus yang dapat menyebabkan hubungan arus singkat dan akan mengakibatkan kebakaran.
6.      Lalu perhatikan juga program-program yang membantu dan menunjang anda dalam memakai laptop. Jika terdapat beberapa program dengan fungsi yang sama, segera pilih yang lebih bagus dan gampang dipakai lalu hapus salah satunya; namun diijinkan jika programnya adalah anti virus atau sarana internet (maksimal 3 program). Karena jika program yang sama dalam laptop anda terlalu banyak maka akan memberikan dampak negatif pada laptop anda.
7.      Dan yang terakhir, seperti yang anda ketahui tidak semua program dalam laptop anda itu akan bertahan selamanya; bisa dibilang pasti ada masa kadaluarsa-nya. Jadi anda harus rutin meng-update program baru agar pekerjaan anda akan menjadi lebih mudah. Caranya jika salah satu program anda meminta untuk update, segera update karena yang baru di-update pasti memiliki konten-konten serta kelebihan-kelebihan yang lebih bagus dan menarik pastinya.

Sekian postingan saya mengenai tips mudah dan akurat dalam menjaga laptop anda agar tetap awet. Semoga setelah membacanya anda bisa menjaga laptop anda karena laptop adalah salah satu sarana terbaik untuk saling berbagi informasi dengan dunia luar. Terimakasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
yuss62
AUTHOR
7 Januari 2016 pukul 19.02 delete

Makasih Ga..!
Sangat Membantu..��

Reply
avatar
Jecky 02
AUTHOR
7 Februari 2016 pukul 19.24 delete

Sama-sama gan,,, semooga masalah anda terselesaikan dan semoga tetap berlangganan..

Reply
avatar

Aturan dalam berkomentar :
1. Berkomentarlah yang relevan.
2. Komentar dengan kata-kata atau konten jorok, berbau porno / tidak senonoh akan di hapus dan di SPAM.
3. Berkomentarlah sesuai topik pembicaraan yang sedang di bahas.
4. Kritik dan Saran serta informasi terbaru sangat dibutuhkan untuk menunjang serta menambah informasi bagi admin.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH EmoticonEmoticon